Rabu, 04 Juli 2018

Dokter

Wajib Coba! Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Kulit mati dan minyak yang menumpuk dalam pori-pori kulit wajah dapat membuat benjolan yang disebut komedo. Terdapat dua jenis komedo yang bisa muncul di wajahmu, yaitu komedo putih dan hitam. Jika dibiarkan komedo dapat menumpuk dan merusak penampilanmu. Kenali cara alami menghilangkan komedo berikut.

Umumnya, komedo muncul di pelipis, hidung, dagu, dan dahi. Kerja kelenjar minyak yang berlebihan menjadikan wajahmu lebih berisiko memiliki komedo. Perubahan hormon adalah penyebab utama kemunculan komedo, selain bisa disebabkan oleh gen.


Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami tanpa memicu gangguan lainnya pada wajah? Berikut ini adalah enam cara alami menghilangkan komedo yang bisa kamu lakukan.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami


Buah Stroberi


Stroberi sudah terbukti bermanfaat baik bagi kesehatan wajah, termasuk mencegah jerawat dan membersihkan komedo. Cara menghilangkan komedo secara alami dengan stroberi ternyata mudah.

Siapkan tiga buah stroberi dan lumat hingga halus, kemudian campurkan dengan satu sendok madu. Oleskan secara merata pada wajahmu dan berikan pijatan-pijatan melingkar ringan. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air.

Efek pijatan wajah dengan pasta campuran stroberi dan madu dapat memberikan efek yang sama dengan campuran sereal gandum dan madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan tiap minggu, ya.

Memanfaatkan Uap Air Hangat

Didihkan air sebanyak satu liter. Pindahkan air mendidih ke panci atau baskom. Posisikan wajahmu di atas air panas tersebut sehingga uapnya yang hangat langsung mengenai wajahmu. Kamu bisa menutup kepalamu dengan kain hingga sekalian menutupi baskom untuk menjaga uap tidak keluar. Tahan posisi ini selama kurang lebih 5-10 menit, lalu bersihkan wajahmu.

Hal ini dapat membuka pori-pori wajahmu sehingga dapat meminimalkan proses penyumbatan kotoran, sel kulit mata, dan minyak berlebih sebagai penyebab terjadinya komedo.


Perasan Jeruk Lemon

Kamu cuma perlu menyiapkan satu buah kapas khusus kulit wajah dan sebuah jeruk lemon. Peras buah lemon dan tampung di mangkuk. Celupkan kapas dan oleskan perlahan-lahan pada area wajah yang terdapat komedo. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Selain dapat membersihkan kehadiran minyak berlebihan pada wajah, perasan jeruk lemon juga akan memicu pertumbuhan sel-sel baru sehingga menjadikan wajahmu terlihat segar. Kamu bisa lakukan tiap hari sebelum tidur selama dua bulan ke depan.

Menggunakan Baking Soda


Kamu bisa ambil baking soda dengan sendok kecil. Campurkan dengan sedikit air dan aduk-aduk hingga membentuk pasta yang kental. Oleskan pada hidung, pelipis, dagu, dahi atau area wajah yang terdapat komedo. Diamkan untuk beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini tiga kali seminggu.

Mengoleskan campuran baking soda dengan air akan memberikan efek pengelupasan alami terhadap permukaan kulit yang tertempel kotoran, minyak, atau sel-sel kulit mati.

Cuka Sari Apel


Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antimikroba sehingga dapat mengurangi inflamasi dan dipercaya mampu membantu menghilangkan komedo. Cairan bersifat asam ini juga dapat mengeringkan juga mengecilkan pori-pori wajah.

Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan mencampurkan segelas air hangat (sekitar 230mL) dengan dua sendok makan cuka sari apel. Selanjutnya, oleskan campuran ini ke area komedo dan biarkan selama 20 menit sebelum membersihkannya dengan air.

Aloe Vera

Menemukan tanaman ini secara langsung mungkin agak sulit. Oleh karena itu, kamu bisa membeli produk dengan kandungan esktraknya yang umum dijual secara bebas.

Aloe vera memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, juga antioksidan sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Meski begitu, aloe vera lebih umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Manfaatnya untuk menghilangkan komedo masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dokter

About Dokter -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :