Jumat, 15 Desember 2017

Dwi Andrianto

Sakit Mata: Bahaya Mengerikan Penggunaan Smartphone Bagi Mata!

Perkembangan smartphone yang semakin canggih tentu berdampak pada penggunaan smartphone dalam durasi yang lebih lama. Karena orang akan semakin betah dengan segala macam fitur yang ditawarkan. Namun, dibalik hal itu tentu Anda juga sudah mengetahui bahwa penggunaan gadget dalam waktu yang lama sangatlah tidak baik bagi kesehatan mata dan bahkan akan berdampak pada sakit mata yang tidak bisa dianggap sepele.

Sebenarnya, sinar yang timbul dari smartphone tidak menimbulkan bahaya bagi mata, terlebih saat ini smartphone semakin canggih dengan dibekali berbagai macam fitur yang mampu melindungi pengguna dari radiasi. Yang membuat smartphone berbahaya bagi mata adalah cara penggunaan yang salah dalam mengatur layar tersebut.

Memang, saat ini penggunaan gadget seakan sudah menjadi kebutuhan yang sulit di lepaskan dari kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan gadget untuk mempermudah tugas dan pekerjaan atau  sebagai pengisi waktu luang. Tanpa disadari, penggunaan gadget dalam durasi yang berlebihan dappat mengakibatkan berbagai macam keluhan mata seperti mata lelah, mata merah, penglihatan yang buram, mata kering, hingga iritasi mata yang tak bisa dianggap sepele.
Bahaya Mengerikan Penggunaan Smartphone Bagi Mata

Tak hanya itu saja, ternyata penggunaan smartphone yang berlebihan ini juga memberikan dampak yang lebih berbahaya lagi. Apa saja bahaya mengerikan dari penggunaan smartphone tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mata Kering
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan mata dalam durasi yang lama akan berdampak pada mata yang lelah dan kering. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda selalu meluangkan waktu 30 menit sekali untuk memandang arah lain. Cara ini dapat membantu Anda untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan mata kering.

Pandangan Kabur
Memandangi smarttphone dalam waktu yang lama hanya akan membuat otot mata menjadi tegang. Otot mata yang tegang biasanya tidak mampu fokus dengan cepat pada jarak yang berbeda. Kondisi ini biasa disebut Blurry Vision. Mengatasinya, jika kamu habis memandangi layar smartphone yang cukup lama, pejamkan mata terlebih dahulu sebelum sekitar 10 detik sebelum memandang ke arah yang berbeda.

Kesulitan Tidur
Layar smartphone cenderung mengeluarkan cahaya biru, entah benar atau tidak warna biru tersebut diduga dapat mengganggu hormon manusia untuk tidur. Mengurangi kecerahan layar smartphone saat menggunakannya di malam hari bisa jadi mengurang resiko susah tidur kamu.

Merusak Jaringan Otak
Sejauh ini memang dampak buruk dari radiasi ponsel terhadap kesehatan tubuh masih menjadi kontroversi. Namun beberapa penelitian mengatakan bahwa radiasi ponsel dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan penyakit insomnia. Yang paling banyak dialami saat ini adalah menatap ponsel berlama-lama dapat menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.


Nah, itulah beberapa jenis sakit mata akibat penggunaan smartphone dalam durasi yang lama. Tentu cara terbaik untuk mencegah hal tersebut adalah dengan membatasi penggunaan smartphone, terlebih dalam keaadaan gelap atau kurang cahaya. Sekian sedikit ulasan dari kami semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan jangan lupa pula untuk membagikannya.

Dwi Andrianto

About Dwi Andrianto -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :