Senin, 25 Desember 2017

Dwi Andrianto

Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Menurut Ahli Gizi!

Di Indonesia sendiri kolesterol menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita, khususnya orang dengan usia lanjut. Namun, tak jarang juga mereka yang masih muda memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kolesterol kini menjadi salah satu penyakit yang palung banyak ditemukan dimasyarakat. Karena hal tersebutlah banyak orang yang mencari cara menurunkan kolesterol. Kolesterol yang kemudian disebutkan sebagai penyakit ini adalah keadaan di mana kadar kolesterol dalam darah yang melampui kadar normal.

Kolesterol sendiri merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Sebenarnya penyebutan kolesterol sebagai sebuah nama suatu penyakit adalah hal yang salah, karena hampir semua orang memiliki kolesterol. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kadar kolesterol yang berada di ataas normal tersebutlah yang akhirnya menjadi sebuah penyakit berbahaya. Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi tubuh. Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh kita. Pertama adalah kolesterol LDL. Jenis kolesterol inilah yang berbahaya bagi tubuh, sedangkan kolesterol HDL merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg saja.
cara mudah menurunkan kolesterol menurut ahli gizi

Nah, penasaran kan bagaimana cara menurunkan kolesterol menurut ahli gizi? Kali ini kami akan mengulas hal tersebut untuk Anda. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Konsumsi Air Jeruk Nipis Setiap Pagi Dan Malam
Mungkin sudah banyak dari Anda yang paham akan manfaaat jeruk nipis. Buah yang kaya akan vitamin C ini juga bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, lho. Tidak hanya kaya akan kandungan vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan flavoid yang bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh. Anti-oksidan tersebutlah yang akan melindungi tubuh kita dari berbagai bahaya radika bebas. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda cukup mengkonsumsinya perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat setiap pagi hadru saat bangun tidur dan malam sebelum tidur.

Konsumsi Jus Jambu Merah
Cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi jus jambu merah. Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada anti-oksidan seperti pada jeruk nipis, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu mulailah meminum jus jambu merah secara rutin.

Hindari Makanan Tinggi Lemak
makanan tinggi kolesterol

Penting juga untuk menghindari dan tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Hal ini karena lemak sangat erat kaitannya dengan kolesterol tinggi. Mengatur masuknya makanan yang masuk dalam tubuh memang susah, Apalagi jika Anda memang hobi makan. Namun mengkonsumsi makanan sehat mutlak diperlukan. Karena jika tidak, Anda akan terus menerus secara sadar menambah kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Olahraga Secara Teratur
Telah dibuktikan bahwa dengan berolahraga maka kadar kolesterol baik pada tubuh akan meningkat. Tidak harus olahraga yang membebani tubuh. Cukup olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, bersepeda, dan berenang. Sesuaikanlah jenis olahraga yang Anda pilih dengan kondisi fisik Anda, dan lakukanlah secara rutin agar kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda bertambah dan membunuh kolesterol jahat secara signifikan.


Nah, itulah beberapa cara menurunkan kolesterol dari kami yang sudah direkomendasikan banyak sekali ahli gizi. Selamat mencoba dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat. Jangan lupa pula untuk membagikan informasi ini agar lebih banyak lagi orang yang mengetahuinya.

Dwi Andrianto

About Dwi Andrianto -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :