Selasa, 05 Desember 2017

Dwi Andrianto

Suka Dengan Olahan Tahu? Yuk, Ketahui Manfaat Tahu

Mungkin bagi sebagian orang tahu adalah salah satu jenis makanan yang sederhana dan memiliki rasa yang itu-itu saja. Jika berbicara perihal rasa, tentu rasa dari olahan tahu tergantung dari sang pembuat dan yang memasak, bukan. Dibalik teksturnya yang lembut dan lezat tersebut ternyata tahu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, lho.

Tahu yang berasal dari endapan biji kedelai ini ternyata juga memiliki jumlah kalori yang cukup rendah, setidaknya hanya ada 70 kilokalori dalam 100 gram tahu. Namun, tahu menjadi salah satu makanan yang memiliki jumlah protein sangat banyak yaitu 8 gram dan 130mg kalsium per 100 gram tahu. Dengan banyaknya jumlah tersebut tentu membuat tahu memiliki banyak sekali manfaat. Nah, kali ini kami akan membahas apa saja manfaat tahu tersebut untuk tubuh manusia. Penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.
olahan tahu kukus


Penghambat Pertumbuhan Kanker
Tahu yang memiliki kandungan isoflavon dan antioksidan tentu sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker. Konsumsi setidaknya 10mg kedelai dalam sehari, Anda memiliki kemungkinan mengurangi risiko terkena kanker sebanyak 25%. Makanan yang satu ini sangat baik untuk menekan pertumbuhan kanker, terutama kanker prostat dan payudara.

Osteoporosis
Kandungan isoflavon yang ada di dalam tahu tidak hanya dapat mengurangi gejala menopause, tapi juga diperkirakan baik untuk tulang. Sehingga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko pengeroposan pada tulang.

Memperbaiki Kerusakan Hati
Dengan banyaknya jumlah gizi didalamnya membuat tahu juga memiliki kemampuan untuk mengatasi kerusakan hati. Sebuah studi menunjukkan bahwa kandungan di dalam tahu diduga dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh radikal bebas.

Melawan Diabetes
Studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih banyak protein kedelai mengeluarkan urin dengan sedikit kandungan protein, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Itulah kenapa tahu dipercaya cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. Karena penderita diabetes tipe ini cukup sering mengalami masalah dengan ginjal. Sehingga tubuh mengeluarkan protein dalam jumlah yang banyak di dalam urin.


Cukup banyak bukan manfaat dari olahan tahu bagi tubuh manusia? Walau memiliki gizi yang sangat baik dan segudang manfaat, yang harus Anda ingat disini adalah untuk mengolahnya dengan cara yang benar. Karena akan sangat percuma sebuah makanan memiliki nilai gizi yang tinggi apabila diolah dengan cara yang salah.

Dwi Andrianto

About Dwi Andrianto -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :